Tujuan dan Prinsip Pengendalian Hama Terpadu

Tujuan dan Prinsip Pengendalian hama terpadu - Pengedalian hama terpadu (PHT) adalah pengendalian hama yang didasarkan atas pertimbangan ekologi dan ekonomi agar tercipta suatu agroekosistem yang stabil. pertimbangan ekologi sendiri adalah selisih antara musuh alami dan organisme pengganggu tumbuhan yang ada pada ekosistem tertentu. sedangkan pertimbangan ekonomi adalah pertimbangan pengendalian dengan menggunakan teknik pengendalian tertentu terhadap biaya yang dikeluarkan. pengendalian hama terpadu lebih menitkberatkan pada pengendalian secara alami, dan diusahkan untuk tidak mengganggu agroekosistem.

Tujuan dari PHT (Pengendaliah Hama Terpadu) terbagi menjadi 5 tujuan diantaranya :

  1. Memantapkan produktivitas yang tinggi dan meminimalisir kehilangan hasil
  2. Memperhatikan kelestarian lingkungan
  3. Melindungi kesehatan konsumen dan produsen
  4. Meningkatkan efisiensi faktor produksi
  5. Meningkatkan kesejahteraan petani

Tujuan pengendalian hama terpadu (PHT) tersebut diimplementasikan kedalam prinsip-prinsip pengendalian hama terpadu (PHT). prinsip-prinsip yang dianut ada 4 komponen utama, diantaranya : budidaya tanaman sehat, pengamatan agroekosistem, Pemanfaatan musuh alami, dan petani sebagai ahli PHT.

1. Budidaya Tanaman Sehat

Budidaya tanaman sehat mutlak dalam budidaya yang berlandaskan pengendalian hama terpadu (PHT). komponen dalam budidaya tanaman sehat diantaranya :

  • Penggunaan benih unggul, dan tahan organisme pengganggu tumbuhan
  • Penggunaan pupuk berimbang
  • Penggunaan jarak tanam idel, disarankan jajar legowo 2:1 (disesuaikan dengan kondisi setempat)
  • Pengairan sesuai kebutuhan tanaman
  • Penggunaan pupk organik, dll.

2. Pengamatan Agroekosistem

Pengamatan agroekosistem dilakukan rutin setiap seminggu sekali dengan metode tertentu melakukan pengamatan untuk mengetahui kondisi pertanaman secara utuh.

3. Pemanfaatan Musuh Alami

Musuh alami adalah pemangsa dari organisme pengganggu tumbuhan. musuh alami ini bisa berupa predator tau patogen serangga.

Predator laba-laba

4. Petani Sebagai Ahli PHT

Tujuan akhir dari PHT sendiri adalah menjadikan petani sebagai pengelola tanaman dapat mengambil keputusan yang bijaksana dengan memperhatikan lingkungan dan ekologi serta keekonomian dari suatu teknik pengendalian.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk, sdui kiranya untuk memberikan komentar apabila berkenan. selalu kunjungi blog organisme pengganggu tumbuhan untuk info menarik lainnya. terimakasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait